4 Penyakit Umum Tanaman Bunga Kacapiring dan Solusinya

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:GamblingHandicap

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga gardenia atau bunga kacapiring menjadi salah satu tanaman bunga yang banyak digemari. Bunga ini hadir dalam warna putih bersih dan aroma yang harum.

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Kaca Piring bagi Kesehatan

Berhati-hatilah untuk hanya menyiram ketika dua inci bagian atas tanah terasa kering saat disentuh untuk mencegah masalah di masa depan.

Dikutip dari Gardening Know How, Kamis (26/8/2021), berikut beberapa penyakit umum yang kerap diderita tanaman bunga kaca piring dan cara menanganinya.

Anda mungkin memperhatikan bahwa tanaman bunga kacapiring menguning, dengan daun tertua yang terkena terlebih dahulu. Ini bisa muncul secara bertahap atau menyebabkan layu yang menyebar secara tiba-tiba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Penyiraman dan pemangkasan yang tepat lebih lanjut membantu mencegah penyakit tanaman bunga kacapiring. Di antara penyakit yang paling umum adalah busuk akar, embun tepung, kanker batang dan penurunan kuncup.

Ilustrasi tanaman bunga Gardenia.

Anda juga dapat menyelamatkan tanaman yang terjangkit busuk akar dengan menggalinya, memangkas akar yang rusak dan menanamnya kembali di tempat dengan drainase yang lebih baik.

Meski demikian, tanaman bunga kacapiring juga rentan terhadap beberapa jenis penyakit.

Busuk akar sering terjadi pada tanaman yang terlalu banyak disiram atau tumbuh di tanah yang drainasenya buruk. Berbagai jamur patogen memanfaatkan tanaman yang stres dan menghancurkan jaringan akar, menyebabkannya berubah menjadi cokelat, hitam atau lembek.

Penyakit yang paling umum pada tanaman bunga kacapiring disebabkan oleh jamur, dan mudah dicegah dengan menciptakan lingkungan yang baik dengan sirkulasi udara yang baik.

Baca juga: Tips Menanam Bunga Kaca Piring, Si Putih yang Wangi