Mengenal Ca「Download」ra Kerja Vaksin mRNA dan Keuntungannya

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:GamblingHandicap

VaDowDownloadnloaddownloadksDownloadin telah berhasil melindungi jutaan nDownloadyawa dari berbagai penyakit di Bumi. Contohnya polio yang insidensinya berhasil menurun secara drastis di berbagai negara.

Vaksin ini adalah teknik vaksin yang cukup baru dibandingkan teknik lainnya. Berbeda dengan teknik lainnya yang memasukkan virus ke dalam tubuh, vaksin ini berisi mRNA yang mengajarkan sel tubuh kita untuk memproduksi protein.

Sebelumnya, cara ini telah digunakan untuk mengembangkan vaksin flu, Zika, rabies, dan cytomegalovirus (CMV). Teknologi ini bahkan memungkinkan untuk membuat satu vaksin yang bisa mencegah beberapa penyakit sekaligus.

Protein yang dihasilkan tersebutlah yang akan memicu respons imun tubuh dan memproduksi antibodi. Pada akhirnya jika tubuh sudah memiliki antibodi, maka tubuh akan lebih mudah memberikan pertahanan jika virus masuk ke dalam tubuh kita.

Isu ini tidak benar. Dilansir dari Centers of Disease Control and Prevention (CDC), vaksin ini tidak mempengaruhi atau berinteraksi dengan DNA kita. DNA kita tersimpan di dalam nukleus sel dan vaksin tidak bisa mencapai nukleus sel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Vaksin dengan teknologi ini telah diteliti selama puluhan tahun. Vaksin ini berpotensi lebih baik di masa depan karena lebih cepat dikembangkan dan tidak bergantung pada kesediaan virus yang dilemahkan seperti pada vaksin inaktivasi.

Baca juga: 11 Syarat Vaksin Covid-19 untuk Anak 12 Tahun Ke Atas

Protein inilah yang akan memicu respons tubuh agar membentuk antibodi terhadap virus SARS-CoV-2.

KOMPAS.com - Vaksin mRNA merupakan teknologi baru di bidang vaksin. Teknologi ini telah digunakan dalam beberapa vaksin Covid-19, diantaranya Pfizer dan Moderna. Bagaimana sistem kerja vaksin mRNA ini?

Terdapat beberapa jenis teknologi vaksin yang berbeda. Salah satunya adalah cara yang paling banyak digunakan sejak dahulu, yaitu vaksin inaktivasi dan live attenuated atau dilemahkan.

Sel akan langsung menghancurkan mRNA ketika sudah selesai melakukan instruksi yang diberikan. Pada vaksin Covid-19, mRNA berfungsi untuk membuat sel memproduksi protein yang sama seperti pada permukaan virus SARS-CoV-2.